Saturday 3 March 2012

Es Puter Conglik - Semarang

Kota Semarang merupakan sebuah kota di Indonesia yang kaya akan makanan. Kali ini pojoknyamnyam akan membahas tentang Es Conglik. Sebuah warung es yang sangat legendaris di ibukota Jawa Tengah ini. Ya, es conglik merupakan es puter yang sangat khas di kota Semarang. Konon katanya, es puter ini telah ada sejak jaman kemerdekaan yaitu sekitar tahun 1944.

Es puter merupakan es yang dibuat di dalam drum logam. Drum tersebut dimasukkan kedalam tong berisi es batu dan garam krosok, kemudian diputar-putar. Oleh sebab itu, es ini dinamakan es putar.

Kalau Anda mendengar namanya tentu sangat aneh. Ya, Conglik berasal dari singkatan Kacung Cilik sebuah kata dalam bahasa jawa yang berarti kacung / pembantu kecil. Dahulu pembuatnya merupakan seorang pembantu yang kemudian membuka sebuah usaha es puter.

Terdapat aneka rasa es puter antara lain durian, kelapa muda, coklat, blewah, kopyor, leci, sirsat, kacang ijo, kelengkeng, dan alpukat. Pilihan rasa dapat dipilih sesuai dengan selera. Es disajikan bersama topping sesuai pilihan seperti durian, kopyor, kelapa, roti tawar, dan jelly. Rasa es ini manis dan gurih, namun tidak sampai membuat Anda eneg. Bagi penggemar es, tentu satu piring tidaklah cukup.

Es Puter Conglik dijual dengan harga bervariasi sesuai dengan pilihan rasa dan buah dengan range harga Rp. 6.000,00 – Rp.12.000,00. Contoh untuk es puter durian - kelapa muda dapat dibeli seharga Rp. 12.000,00. Es Puter Conglik dapat Anda temui di 2 tempat di kota Semarang yaitu di Gang Warung / Semawis dan Jl. KH Ahmad Dahlan depan RS Telogorejo kawasan Simpang Lima. Warung es ini buka malam hari pukul 18.00 - 22.00, pastikan Anda mencari dijam yang tepat.

Bila ke Semarang, maka tidak lengkap apabila Anda belum mencoba Es Conglik. Masukkan kedalam buku agenda Anda sebelum berkunjung ke kota ini. Nyam.. Nyam..

No comments:

Post a Comment